Friday, July 17, 2009

Susunan Kabinet SBY – Boediono 2009-2014 Mulai Marak Dibicarakan

Kabinet SBY – Boediono 2009-2014Pilpres baru saja kita lewati, pemenangnya pun sudah bisa dilihat dari hasil quick count. SBY dan Boediono unggul jauh dari dua rivalnya. Setelah hiruk pikuk pilpres selesai, pemberitaan di media masa kini mulai beralih ke pembicaraan tentang komposisi susunan kabinet SBY – Boediono 2009-2014.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kabar bahwa beberapa nama sudah muncul ke permukaan untuk mengisi susunan kabinet SBY – Boediono 2009 - 2014. Yang pertama muncul adalah Hatta Radjasa dan Djoko Suyanto, tidak mengherankan sebab dua orang ini dalam pilpres kemarin duduk sebagai ketua dan wakil ketua Tim Sukses SBY – Boediono. Djoko Suyanto yang mantan panglima TNI itu disebut-sebut akan dijadikan Menkopolkam dan Hatta Radjasa akan menjadi Menteri Pertambangan dan Energi. Bagi saya pribadi, jika rumor itu benar, tidaklah menjadi masalah jika Djoko Suyanto yang menjadi Menkopolkam. Ia adalah mantan Panglima TNI yang tentu sudah sangat menguasai masalah politik dan keamanan dalam negeri. Demikian juga dengan Hatta Radjasa, yang memang jebolan ITB.

Ada satu berita yang membuat saya tersenyum. Muhaimin Iskandar disebut-sebut akan menjadi Menteri Agama. Saya tersenyum karena terbersit dalam hati
“Apa nggak salah tuh?”
Jika melihat Muhaimin Iskandar sebagai kader dari NU yang diakui sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia, rumor itu masih bisa diterima. Tapi tidak demikian halnya jika melihat Muhaimin Iskandar sebagai pribadi.

Menteri Agama selain merepresentasikan umat haruslah mereka-mereka yang sangat memahami Islam (sebagai agama terbesar di Indonesia) dan juga dapat menjadi “ulama yang menyejukkan.” Bagi saya, Muhaimin Iskandar tidak mencerminkan “ulama yang menyejukkan”. Ia lebih tepat disebut sebagai politisi sejati. Sebenarnya masih banyak ulama dari NU yang layak menjadi Mentri Agama, orang-orang yang menurut saya lebih menyejukkan, seperti Quraish Shihab. Perilakunya jauh dari politik kotor, tutur katanya sejuk, dan memahami agama dari berbagai sudut pandang.

Mudah-mudahan susunan kabinet SBY – Boediono 2009 – 2014 akan diisi oleh orang-orang yang dipilih tidak hanya karena mewakili parpol atau golongan tertentu, tetapi juga karena kompeten di bidang tersebut.

Bagaimana menurut teman-teman?

Baca artikel sebelumnya:
Susunan Kabinet Indonesia 2009-2014

No comments:

Post a Comment