Friday, May 29, 2009

Bocoran Susunan Kabinet Indonesia 2009-2014 Versi Megawati-Prabowo

RustriningsihMelanjutkan tulisan terdahulu, bahwa Megawati-Prabowo akan mengumumkan draft Susunan Kabinet Indonesia 2009-2014, telah ada bocoran di media masa nama-nama yang dipercaya akan masuk dalam susunan kabinet bayangan Megawati-Prabowo. Bocoran yang muncul baru sebatas nama-nama dari kubu Megawati, jumlahnya ada sebelas nama. Siapakah saja mereka?

Masih ingat dengan Sony Keraf, Muhammad Prakoso, dan Rini Suwandi. Mereka adalah mantan menteri yang pernah mengisi kursi kabinet pada zaman pemerintahan Megawati. Ketiga orang ini diisukan akan masuk dalam draf susunan kabinet Indonesia 2009-2014 versi Megawati-Prabowo.

Selain tiga mantan menteri tersebut, juga ada petinggi-petinggi PDIP yang belakangan ini sering kita lihat di TV. Satu yang mungkin paling familiar bagi kita semua adalah Pramono Anung. Sekjen PDIP ini diplot menjadi Menteri Sekretaris Negara. Selain itu ada juga Tjahjo Kumolo yang diplot menjadi Menteri Urusan BUMN. Tokoh muda dari PDIP, Maruarar Sirait, digadang-gadang sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Posisi Menteri Luar Negeri, yang dalam beberapa dekade dipegang oleh teknokrat atau pejabat karir, oleh Megawati-Prabowo akan diserahkan kepada orang partai. Ia adalah Efendi Simbolon.

Ada 2 nama calon menteri yang saya belum kenal, Arif Budimanta dan Hendrawan Supratikno. Hendrawan Supratikno ditunjuk menjadi Menteri Ekonomi. Arif Budimanta, yang katanya berposisi sebagai Direktur Megawati Institute, dipromosikan menjadi Menteri Pertanian. By the way, adakah yang tahu kedudukan Hendrawan Supratikno di PDIP? Sejujurnya saya belum pernah melihat wajahnya di media atau pun membaca tulisan tentang beliau. Apa memang saya yang nggak “up to date” ya?

Dihitung-hitung baru ada 9 nama yang saya sebut di atas. Dua lainnya siapa? O iya, koq sampai lupa, padahal dua orang ini yang menjadi “primadona” diantara 11 nama tersebut. Mereka adalah Puan Maharani dan Rustriningsih. The Princess, Puan Maharani, disebut-sebut akan menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan. Sedangkan bagi Rustriningsih, “sang wakil gubernur nan cantik”, tidak disebutkan posisi yang disiapkan untuknya. Dalam perundingan koalisi antara Megawati dan Prabowo yang kemarin berjalan alot, Rustriningsih memang terlihat sering mendampingi Megawati ketika berjumpa dengan Prabowo. Wajar bila ia kelak menduduki kursi menteri jika Megawati-Prabowo yang menang dalam pemilu presiden nanti.

Lengkap sudah 11 nama bocoran yang akan mengisi kursi menteri pada susunan kabinet Indonesia 2009-2014 jika nanti Megawati-Prabowo yang berkuasa. Bagaimana menurut teman-teman? Apakah nama-nama tersebut sudah klop di hati? Atau sudah tak peduli? Karena lebih baik memikirkan cara mencari sesuap nasi. Untuk anak dan istri.


Baca artikel sebelumnya:
Susunan Kabinet Indonesia 2009-2014 Versi Megawati-Prabowo

1 comment:

  1. Menkominfo kita yang baru (Pak Tiffatul) dulu kampusnya di STMIK Jakarta loh. Jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id

    ReplyDelete